Blog design and digital scrapbooking elements created by Adori Graphics »

Senin, 14 Februari 2011

Seperti apakah pekerjaan rumah yang baik?


Salah satu metode dalam strategi Teacher-Centered (berfokus pada perencanaan dan instruksi dari guru) adalah pemberian pekerjaan rumah. Lalu pertanyaannya adalah seperti apakah pekerjaan rumah yang baik bagi siswa? Karena selama ini pekerjaan rumah seeprti menjadi hal yang menakutkan bagi siswa. Mereka selalu merasa malas mengerjakan pekerjaan rumah, terutama pelajaran yang tidak mereka sukai.

            Menurut buku Psikologi Pendidikan edisi kedua oleh J.W. Santrock, pekerjaan rumah yang baik harus menekankan pada pekerjaan rumah yang menimbulkan kesukaan untuk belajar dan menambah keterampilan studi. Dan pekerjaan tersebut haruslah pendek dan dapat diselesaikan dengan cepat. Sehingga tidak menimbulkan kebosanan pada siswa.

            Pekerjaan rumah juga seharusnya memberikan kesempatan pada murid untuk mejadi lebih kreatif. Sebaiknya guru tidak hanya memberikan siswa PR yang terfokus pada materi pelajaran, tapi juga membiarkan siswa untuk berkembang dengan menciptakan teori atau rumus-rumus baru. Dan akan lebih baik lagi jika pekerjaan rumah tersebut bermakna bagi siswa. Jangan hanya memberikan pekerjaan yang menyulitkan siswa saja.

Sumber : Santrock, J.W. 2010. Psikologi Pendidikan edisi kedua. Jakarta: Kencana

0 komentar:

 
Free blog design by Adori Graphics using the Bundle of Joy digiscrapping kit by Adorible Digital Designs